20.1 C
New York
Monday, Sep 26, 2022
Image default
Business

Inilah Mobil Listrik dengan Daya Tempuh Terjauh di Indonesia, Bisa Jadi Genset Juga!

  • Hyundai Ioniq 5, mobil listrik dengan daya tempuh terjauh saat ini di Indonesia.
  • Kapasitas baterainya 72,6 Kw, sekali ngecas bisa menempuh Jakarta-Semarang!
  • Mobil listrik ini juga punya fitur V2L, alias powerbank berjalan yang bahkan bisa untuk nyalain mesin cuci.

Satu hal yang sering dipertimbangkan ketika seseorang hendak beli mobil listrik adalah daya tempuh baterainya. Sehingga memunculkan kekhawatiran apabila hendak dibawa jauh, terlebih infrastruktur pengecasan baterai terbilang masih minim dan belum tersebar merata di Indonesia.

Menjawab fenomena tersebut, Hyundai coba memfasilitasi dengan varian produk elektrifikasi yang disebut long range, atau dengan kemampuan daya jelajah lebih jauh. Adalah Hyundai Ioniq 5 Long Range tipe Prime model yang dimaksud dengan harga jual Rp759 juta on the road (OTR) Jakarta.

Inilah Mobil Listrik dengan Daya Tempuh Terjauh di Indonesia, Bisa Jadi Genset Juga! 02

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 punya varian Long Range

Baca Juga: First Drive Hyundai IONIQ 5: Wheelbase 3 Meter Bikin Susah Belok?

Supaya bisa menjangkau jarak yang jauh, maka pabrikan menyematkan kapasitas baterai yang besar. Berdasarkan data spesifikasi, kapasitasnya 72,6 kW dan memberikan daya ke motor listrik dengan tenaga maksimum 217 PS dan torsi 350 Nm. Lalu seberapa jauh dalam sekali pengisian penuh?

Klaim Hyundai berdasarkan pengetesan WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure) dengan pengetesan simulasi berkendara yang realitsis sesuai kondisi sebenarnya, adalah sekitar 481 kilometer. Bisa dibilang, model tersebut merupakan kendaraan elektrifikasi dengan jarak terjauh saat ini.

Inilah Mobil Listrik dengan Daya Tempuh Terjauh di Indonesia, Bisa Jadi Genset Juga! 01

Varian Long Range Hyundai Ioniq 5 berkapasitas baterai 72,6 kW

Bila ditarik dari peta online, maka sama saja seperti menempuh jarak dari Monas Jakarta ke Kawasan Kota Tua Semarang via Jalan Tol Trans Jawa. Artinya apabila hendak ke Surabaya dari Jakarta pakai mobil listrik ini, cukup mengecas penuh lagi sekali di Semarang, karena jarak Semarang ke Surabaya sekitar 350 kilometer.

Berdasarkan keterangan Hyundai, baterai kendaraan tersebut bisa diisi penuh lagi dalam hitungan 57 menit. Tapi harus menggunakan fasilitas dengan sumber daya DC charging 50 kW. Misalnya pakai AC charging estimasi pengecasannya sekitar 6 jam.

Inilah Mobil Listrik dengan Daya Tempuh Terjauh di Indonesia, Bisa Jadi Genset Juga! 02

Varian Long Range Hyundai Ioniq 5 sanggup menempuh jarak Jakarta-Semarang!

Baca Juga: Harga Hyundai IONIQ 5 Akhirnya Diumumkan, Termurah Rp718 Juta

Tak usah khawatir manakala hendak road trip pakai mobil listrik Hyundai Ioniq 5 Long Range. Fasilitas pengisian cepat bisa dikulik lewat aplikasi SPKLU PLN. Salah satu lokasinya berada di SPKLU PLN UID Jawa Tengah dan DIY di daerah Jatingaleh, Semarang.

Fitur Hyundai Ioniq 5, Jadi Genset Saat Darurat

Ada satu fitur pada mobil ini yang membuatnya beda dibanding produk lain, yakni Vehicle to Load (V2L). Dengan fitur ini, ibarat powerbank berjalan, baterai yang terdapat di mobil bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan berbagai alat elektronik. Hyundai pun sudah menyediakan model colokan yang berlaku di Indonesia di dalam dan luar mobil.

Khusus soket listrik interior ada di bawah jok baris belakang. Sementara outdoor tersedia pada port pengisian baterai dengan menyambung perangkat konektor V2L. Penggunaannya dapat dilakukan jika kapasitas baterai mobil 20-100 persen. Tapi fitur ini cuma ada di mobil listrik Hyundai Ioniq 5 tipe Signature dan Long Range.

Inilah Mobil Listrik dengan Daya Tempuh Terjauh di Indonesia, Bisa Jadi Genset Juga! 03

Tampak belakang Hyundai Ioniq 5 yang futuristik namun ada kesan retro

Dalam materi publikasinya powerbank berjalan ini menjanjikan daya listrik 3,6 kW. Lebih besar ketimbang daya listrik rumahan sekitar 1.300-2.200 Watt. Ini tentu bisa untuk mengecas skuter, bahkan jadi sumber daya lampu proyektor 140 Watt, mesin kopi, mesin cuci, dan setrika!

Tertarik beli mobil listrik dengan daya tempuh terjauh ini? Setiap pembelian akan mendapatkan garansi baterai 8 tahun, gratis jasa perawatan berkala 5 tahun, gratis biaya suku cadang selama perawatan berkala 3 tahun, garansi kendaraan 3 tahun, dan layanan Hyundai Roadside Assistance 24 jam.

Baca Juga: Hyundai IONIQ 5: Kondisi Battery Health di Bawah 70% Langsung Ganti Baru Selama Masa Garansi!

Source: Autofun.co.id

Related posts

Garlic and Erectile Dysfunction: How to Eat It?

jameslucy

Which makes food trucks more popular than constant restaurants?

SalenaMartine

EV’s Solutions Can Optimize Your Consistency Financial Planning Compliance?

Suruchi Pandey

Leave a Comment